Tutorial Blogger - Menarik Buat Pemula

Tutorial Blogger - Menarik Buat Pemula

Dalam membangun sebuah blog tidaklah rumit ataupun sulit seperti yang kebanyakan orang awam fikirkan, jika kita mengetahui langkah yang tepat dan dapat menemukan tutorial blogger untuk pemula yang relevan dengan kebutuhan blogger saat ini, tentu untuk menjadi seorang blogger tidak akan menjadi hal yang sulit.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas langkah tepat untuk menjadi seorang blogger dengan ringkas, tepat, dan jelas agar Anda yang sedang mencari tutorial ini tidak sulit untuk memahami dan mudah dalam mempraktekan.

3 Langkah Tutorial Blogger Pemula

1. Memilih platform yang tepat

Untuk menjadi seorang blogger, dimana seluruh tulisan yang akan dituangkan ke dalam blog akan disebar luaskan ke internet, maka dibutuhkan sebuah platform dapat membantu untuk hal tersebut. Pilihan platform untuk blogger pemula biasanya terdapat pada blogspot dan juga wordpress.

Kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun disini kami akan merekomendasikan agar blogger pemula menggunakan platform blogspot saja dikarenakan lebih mudah untuk dipelajari dan tidak perlu banyak melakukan optimasi untuk segera digunakan.

Untuk menggunakan platform blogspot, Anda dapat kunjungi situs blogger.com sebagai langkah awal dalam membuat blog, atau lebih jelasnya sebagai berikut :

- Kunjungi situs blogger.com pada laman browser.

- Login menggunakan Google Mail (gmail) untuk mengakses blogger.

- Tentukan judul halaman blog anda beserta alamat untuk blog tersebut.

- Konfirmasi pendaftaran dan selesai.

2. Memilih Template Yang Sesuai Dengan Tema Blog

Berikutnya, hal yang harus disesuaikan untuk blog adalah template atau biasa dikenal tampilan situs. Untuk hal ini kami akan merekomendasikan template dengan kriteria yang harus terpenuhi, berikut adalah kriterianya :

- Memiliki nilai kecepatan yang sempurna atau setidaknya diatas 85, hal ini dapat dicek melalui situs google pagespeed insight.

- Memiliki Struktur data yang full SEO, dimana hal ini akan sangat mempengaruhi blog Anda kedepannya agar bisa mendatangkan pengunjung. Untuk ini bisa dicek melalui web.dev/measure.

- Tampilan yang nyaman dimata dan mobile friendly, pentingnya struktur blog yang mobile friendly agar mampu bersaing untuk mendapatkan pengunjung seluler. Silahkan cek hal ini di Google Mobile Friendly Test.

3. Mendaftarkan situs blog ke Mesin Pencari


Pada bagian berikutnya, Anda harus melakukan pendaftaran blog ke mesin pencari agar bisa mendapatkan pengunjung secara online melalui mesin telusur, contohnya Google.

Dengan menggunakan Google Search Console, Anda bisa dengan mudah mendapatkan akses untuk menghubungkan situs blog yang telah Anda buat ke dalam mesin pencari.

Cara Menautkan situs Blog ke Search Console

Untuk langkah menghubungkan Blog dengan Google Search Console adalah sebagai berikut :

-                      Kunjungi situs Google Search Console melalui browser

-                      Lakukan login menggunakan akun Google Mail yang sama ketika Anda mendaftar di Blogger

-                      Klik tambahkan  properti baru, dan ketikan alamat blog yang telah Anda daftarkan sebelumnya di situs blogger

-                     - Secara otomatis proses verifikasi situs akan selesai dengan sendirinya ketika Anda menyelesaikan pendaftaran.

Mengirimkan Situs blog ke Mesin Pencari Google

Berikutnya lakukan proses inspeksi agar situs blog Anda dapat terindex mesin pencari Google dan bisa ditemukan oleh pengunjung melalui menu Inspeksi URL. Tambahkan beberapa peta situs agar blog Anda dapat terindex otomatis ketika melakukan update postingan dikemudian hari.

Kesimpulan

Dengan demikian Anda sudah memenuhi syarat untuk menjadi blogger pemula, dengan perlahan dan mengikuti panduan menjadi blogger yang tepat semoga kedepannya Anda bisa menemukan berbagai arahan yang mampu membuat minat Anda menjadi blogger semakin berkembang dan maju.

Post a Comment

0 Comments