Inilah Keuntungan dan Kekurangan Dalam Rooting Android


Rooting android yaitu adalah dapat membuat Android OS milik sobat akan mempunyai hak akses Root. Root adalah suatu pengguna android yang mempunyai permisi untuk melakukan manipulasi file lebih banyak lagi, beda dengan pengguna Android biasanya.

Secara standar Android OS milik sobat yang ada di masing - masing Smartphone sobat yaitu tidak mempunyai user atau permission root, dikarenakan semua vendor smartphone lainnya tidak mengijinkan untuk memiliki hak rooting terhadap produk Smartphone keluarannya.

Smartphone Android yang telah melalui proses rooting mempunyai banyak Keunggulan, namun ada beberapa sisi negatifnya bagi smartphone sobat yang kemungkinan dapat merusakan beberapa dari sistem Android sobat jika tidak cukup berhati - hati. Oke langsung saja simak beberapa keunggulan dan kekurangan dari rooting sistem Android.

Keuntungan Dalam Melakukan Proses Rooting Android

1. Dapat menghapus aplikasi bawaan yang telah disediakan di masing - masing produk Android.
seperti yang mungkin menurut anda tidak perlu sering digunakan itu, maka sobat secara langsung bisa menghapus aplikasi tersebut tanpa basa - basi setelah sobat mempunyai hak akses Root, namun sobat mesti hati - hati juga dalam penghapusan aplikasi bawaan tersebut karena aplikasi bawaan tersebut juga masih banyak juga yang penting dan berguna bagi sistem Android sobat, contohnya seperti:
- Phone
- Playstore
- Google Plus
Dll yang merupakan bagian dari sistem operasi.

2. Bisa menggunakan sistem operasi yang dapat di kostumisasi sesuai keinginan kita.
Hal memang yang sangat paling dinantikan oleh beberapa pengguna android karena merasa bosan dengan beberapa tampikan Android bawaanya sehingga ingin mencoba melakukan sebuah perubahan dari tampilan dan sistem tersebut seperti melakukan metode Custom Rom bagi sobat yang tidak terlalu paham apa itu custom rom? Saya akan menjelaskannya secara singkat terhadap apa itu custom rom, custom rom yaitu sebuah sistem bawaan atau yang merupakan bagian dari si produk Smartphone tersebut, yang bisa kita ubah dengan mencoba beberapa dari rom produk Smartphone lainnya seperti Samsung Galaxy Y, yang asal romnya yaitu Versi GingerBread sobat dengan melakukan metode custom rom ini dapat bisa mencicipi versi tingkat atas dari GingerBread tersebut cukup keren bukan?! Ya itu juga dapat mempermudah akses sistem android sobat.

3. Memory Internal jauh lebih leluasa.
Kebanyakan dari Smartphone android mempunyai Memory Internal yang tujuannya yaitu untuk dapat menyimpan lebih banyak data sistem, aplikasi, dan data pribadi. Tetapi tidak semua Smartphone mempunyai feature Memory Internal yang besar dan lebih dari cukup, namun jangan khawatir dengan melakukan Rooting sobat bisa membuat Smartphone sobat menjadi ramping dengan melakukan hapus aplikasi bawaan yang mungkin tidak berguna di Smartphone sobat, dan dapat memindahkan penyimpanan aplikasi kedalam memory, memakai sebuah aplikasi Link2SD.

4. Bikin Batre Android Lebih Hemat Dan Gak Boros.
Dengan akses root sobat dapat melakukan beberapa hal yang bisa bikin kinerja batre android menjadi lebih awet dan gk boros seperti biasanya dengan menggunakan beberapa aplikasi penghemat batre android seperi CleanMaster dan Battery Calibration dengan cara menghapus "batterystats.bin" (Batre Calibration).

Kekurangan Dalam Melakukan Proses Rooting Android

1. Garansi Hilang.
Banyak produk - produk Smartphone untuk tidak melakukan sebuah akses rooting karena dengan melakukannya akses tersebut walaupun garansinya masih belum habis terus terjadi kerusakan dalam sistem Android dan Error maka pihak produk Smartphone tersebut tidak akan bertanggung - jawab dan sobat mesti membayar lagi ketika melakukan perbaikan dari Smartphone tersebut.

2. Kerusakan Sistem Android
Bagi sobat yang terlalu sering mengoprek Smartphone sobat masing - masing maka kemungkinan besar akan mengalami sebuah yang sering disebut Bootloop, Hardbrick, dan Softbrick. Yang gambarannya seperti, ketika sobat me-restart Smartphone sobat terus diam disebuah Logo Smartphone sobat biasanya seeing terjadi karena melakukan Update System yang tidak tuntas (Bootloop), ada juga yang dapat mengalami Mati Total itu biasanya dikarenakan sobat melakukan kesalahan dalam perawatan Smartphone sobat sehingga terjadi Mati Total yang disebabkan karena RAM Smartphone melebihi batas sewajarnya atau peningkatan suhu Smartphone yang drastis (Hardbrick, dan kemudian ada lagi yang merupakan tidak terlalu Parakh namun cukup mengkhawatirkan ini juga biasanya sering terjadi dikarenakan kelebihan kapasitas RAM yang digunakan sehingga terjadinya otomatis Restart (Softbrick)
3. Keamanan Smartphone Menurun
Dengan melakukan rooting Android, maka akses kedalam file sistem menjadi lebih leluasa sehingga terjadinya beberapa Virus sedikit demi sedikit menyerang terhadap sistem Smartphone sobat. Sering terjadi dikarenakan sembarangan mendownload Aplikasi dari forum yang ilegal.

Berikut merupakan berbagai Keuntungan dan Kekurangan Dalam Rooting Android yang cukup wajib bagi kita diketahui, jadi intinya didalam artikel ini sobat mesti tahu bagaiman tata cara dan tahapan melakukan Rooting android.
Sekian dari saya Wassalam

Post a Comment

7 Comments

  1. bahaya juga nih yak kalo hp udah di root selain itu bisa ngurangin garansi hp gan kalo udah di root

    ReplyDelete
  2. apakah data2nya akan terhapus gak ketika melakukan rooting?

    ReplyDelete
  3. wah jadi pikir dua kali jika mau root hp android, takut garansi hilang

    ReplyDelete
  4. Masih pikir pikir mau ngeroot hp

    ReplyDelete
  5. Menurut saya sendiri sih nggk ada kerugian root :D untuk garansi bisa dikembalikan dengan cara flashing keknya gan :D nice info gan thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga kalo Root sementara memang bisa di kembaliin garansinya tapi kalo root permanent gimana lagi gan udh susah soalx apalagi kalo lagi keadaan Hardbrick harus bayar mahal :V

      Delete

Berkomentarlah Dengan Baik

Jangan Berbuat Tidak Sopan

Otomatis Akan Saya Spam

#Dilarang Pasang Link Aktif Apabila Mau Pasang Link Blog Sobat bisa dengan mengubah opsi commentnya ke NAMA/URL kemudian pasang nama dan URL web sobat, yang relevan pasti saya kunjung balik