Cara Menggunakan Google Search Console (Webmaster Tools) Lengkap!!

Google Search Console ini yaitu sebuah layanan yang disediakan oleh google secara gratis yang ditujukan untuk orang - orang yang memilikk website baik itu Blogger, Wordpress, Joomla, dan lain - lain. Dan layanan ini juga dapat membantu para pemilik website yang ingin mengoptimalkan websitenya di mesin penelusuran (Search Engine) yang dimiliki google, serta terstruktur yang sesuai dengan aturan - aturan yang di rekomendasikan oleh mesin penelusuran google.

Google Search console juga sering digunakan oleh para praktisi SEO di dunia untuk mengoptimalkan website - website milik mereka maupun website kliennya, mulai dari halaman yang di duplikat, halaman yang tidak ditemukan (404 Not Found), sampai melihat status indeks dengan cara menganalisa CTRnya (Click Through Rate) di halaman pencarian google.

Bagi anda yang ingin mengoptimalkan website anda (SEO) sungguh ini salah satu tool yang wajib di rekomandasikan bagi anda agar website anda senantiasa tertera sesuai dengan guidelines google.

Berikut saya akan menjelaskan bagaimana cara penggunaan Google Search Console secara jelas dan semoga saja dapat bisa difahami oleh sobat semua sehingga dapat dipraktekan langsung dengan maksimal.

Cara Daftar Google Search Console

Pertama sobat semua harus daftar dulu untuk bisa menikmati layanan ini.

Buka web Google Search Console dan jangan lupa login dengan email google sobat, jika tidak punya.


Setelah itu klik "Add Property" dan masukkan URL website sobat masing - masing kedalam kotak yang telah disediakan lalu klik "Add" apabila sudah selesai.


Kemudian setelah selesai menambahkan URL web sobat kesana, sobat nanti akan dialihkan ke halaman verifikasi


Gambar diatas saya menggunakan dengan cara metode alternatif yaitu dengan memasukan "HTML Tag" kedalam template web.
Caranya mari kita simak masing - masing:

Untuk Memasukan HTML Tag Ke Blogspot

 Sobat buka blogger dan login dengan email google sobat.

Masuk ke Template>Edit Html

Cari kode <head> dan simpan kode yang saya beri tanda di gambar yang ada diatas, diantara <head> dengan </head> berarti sobat mesti simpan kode berikut dibawah <head> 


Setelah selesai memasukkan kode HTML Tag tersebut lalu sobat klik "Verifikasi"


Dan pada akhirnya selesai langkah sobat untuk daftar ke Google Search Console ini dan sobat bisa mencoba beberapa fitur - fitur dari Search Console, berikut sekilas saya akan menjelaskan sedikit dari beberapa fitur yang cukup penting yang harus sobat ketahui.

1. Message (Pesan)


Dengan adanya message (pesan) ini sobat akan mengetahui informasi apabila ada isi - isu terkait dengan website sobat fitur ini secara otomatis akan ada pemberitahuan baik itu lewat email maupun langsung dari Search Console.



2. Search Traffic (Lalu Lintas Penelusuran)


Fitur ini juga berkaitan langsung dengan website sobat mulai dari Traffic, Backlink, Internal Link, dan sebagainya. Lalu lintas penelusuran ini mempunyai 6 sub menu, yaitu Telusuri Analytic, Tautan ke situs anda, Tautan Internal, Tindakan Manual, Penargetan Internasional dan Kebergunaan Seluler, namun saya tidak akan menjelaskan semuanya hanya sebagian yang penting saja yang akan saya jelaskan.


Tautan Ke Situs Anda

Sub-menu ini akan menampilkan tentang beberapa data backlink yang masuk ke website sobat.

Biasanya suka menampilkan website yang paling banyak memberikan backlink ke halaman website sobat dan berupa anchor text tersebut semua ada disini.

Telusuri Analytic

Sub-menu ini juga salah satu fitur penting yang ada di Google Search Console, disini juga sobat bisa melihat - lihat data statistik kunjungan (Traffic) website sobat yang masuknya kepada kueri, rasio klil, jumlah yang klik web sobat, dan Rasio Klik Tayang (RKT) atau sering dikenal dengan bahasa inggris yaitu CTR (Click Through Rate), hingga posisi atau peringkat website sobat di mesin telusur (Search Engine) yang sering dipakai tiap - tiap kata kunci masing - masing yang digunakan oleh pengunjung.

Internal Link

Sub-menu ini menampilkan semua data - data internal link antar halaman data yang ada di website sobat.

Penargetan Internasional

Sub-menu ini hanya untuk menargetkan pengunjung website sobat berdasarkan setelan lokasi dan bahasa.

Dan di sub-menu ini mempunyai 2 tab yaitu "Bahasa" dan "Negara" 

Untuk mengatur bahasa itu sesuai selera sobat jika website sobat cuman menulis artikel yang berbahasa indonesia maka sobat tidak perlu setting lagi pengaturan ini.
Lain halnya jika website sobat mempunyai artikel yang berbahasa selain "Indonesia" contohnya web sobat berbasis bahasa inggris tapi sobat ingin menggunakan versi bahasa indonesia maka sobat harus mengatur - ngatur tag "hreflang"nya.

3. Perayapan (Crawl)


Fitur ini menampilkan segala hal semua yang berkaitan dengan perayapan (Crawl) dimulai dari postingan, comment, reply, dan sebagainya yang berhubungan dengan aktifitas website sobat.
Fitur ini mempunyai 6 sub-menu terdiri dari Kesalahan Perayapan, Statistik Perayapan, Ambil sebagai Google, Penguji robots.txt, Peta Situs, dan Parameter URL.

Ambil Sebagai Google

Sub-menu ini juga berfungsi untuk menstimulasikan Googlebot (Robot Google) merayapi dan menyajikan (Render) bentuk visual halaman sobat.

Peta Situs

Sub-menu ini digunakan untuk mengirim peta situs (sitemap) agar Googlebot lebih mudah mendeteksi halaman - halaman baru yang ada di website sobat dan biasanya untuk memasukannya dengan cara menambahkan sitemap.xml ke peta situs tersebut.

Mungkin cukup sekian yang dapat bisa saya sampaikan semoga dengan danya ilmu yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi diri pribadi saya sendiri Amiin.. 
Selamat Mencoba

Post a Comment

2 Comments

Berkomentarlah Dengan Baik

Jangan Berbuat Tidak Sopan

Otomatis Akan Saya Spam

#Dilarang Pasang Link Aktif Apabila Mau Pasang Link Blog Sobat bisa dengan mengubah opsi commentnya ke NAMA/URL kemudian pasang nama dan URL web sobat, yang relevan pasti saya kunjung balik